Menggambar model merupakan salah satu teknik yang sering dilakukan oleh seorang perupa. Dalam prosesnya, menggambar model memerlukan ketekunan dan ketelitian ekstra agar hasil yang dicapai dapat maksimal atau sesuai dengan objek yang digambar baik benda mati maupun benda hidup yang dijadikan sebagai model. Menggambar model merupakan kegiatan yang diawali dengan menentukan objek model yang akan digambar.
Objek gambar model tersebut dapat berupa hewan, tumbuh-tumbuhan, manusia, dan kumpulan benda-benda yang disusun sesuai dengan komposisi, proporsi, keseimbangan, dan irama yang baik sehingga gambar memiliki satu kesatuan yang utuh.
Objek gambar alam benda memiliki strukur bentuk dan bidang dasar yang berbeda-beda antara yang
satu dengan lainnya. Bentuk-bentuk tersebut antara lain seperti;
- bola,
- kubus,
- bujur sangkar,
- kerucut, dan
- tabung.


Beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam menggambar model adalah;
a. Komposisi
Komposisi merupakan cara kita menyusun dan mengatur objek gambar yang digunakan sebagai model gambar sehingga hasil gambar tampak menarik dan indah. Komposisi dapat dibuat melalui bentuk objek gambar, warna objek gambar, jenis objek gambar, dan latar belakang gambar. Beberapa contoh bentuk komposisi dapat dilihat pada pola yang disusun berikut ini.
1) Komposisi Simetris
Benda atau model yang menjadi objek gambar diletakkan pada posisi seimbang antara sebelah kiri dan sebelah kanannya dan memiliki keseimbangan benda yang sama dalam bentuk dan ukurannya.
2) Komposisi Asimetris
Pada posisi asimetris, benda diletakkan dalam posisi tidak sama baik dalam posisi maupun ukurannya namun demikian masih tetap memperhatikan proporsi, keseimbangan, dan kesatuan antarbenda atau objek gambar.



d. Kesatuan
Kesatuan adalah keserasian dalam pengaturan objek gambar sehingga benda-benda yang diatur satu sama lain memiliki kesan ruang, kedalaman, dan antarobjek gambar saling mendukung sehingga akan menghasilkan gambar yang baik.
2. Unsur-Unsur dalam Menggambar Model

- Garis
- Gelap terang
- Bentuk
- Bidang
- Tekstur