Rpp Pjok Kelas Viii Smp/Mts Revisi 2017

 Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan  RPP PJOK Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017
RPP PJOK Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : SMP...
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : VIII / Ganjil
Materi Pokok : Aktivitas Permainan Bola Besar Melalui Permainan Bola Voli
Alokasi Waktu : 6 Minggu x 3 Jam Pelajaran @40 Menit


A. Kompetensi Inti
• KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati pemikiran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan daerah regional.
• KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
• KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah aneh sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar

3.1 Memahami variasi gerak spesifik dalam banyak sekali permainan bola besar sederhana dan atau tradisional
4.1 Mempraktikkan variasi gerak spesifik dalam banyak sekali permainan bola besar sederhana dan atau tradisional

Indikator
3.1.1. Mengidentifikasikan banyak sekali variasi gerak spesifik permainan bola voli.
3.1.2. Menjelaskan variasi gerak spesifik dalam permainan bola voli.
3.1.3. Menjelaskan cara melaksanakan gerakan passing dan servis, smes dan block.
4.1.1. Melakukan variasi gerak spesifik passing dan servis, smes dan block dalam permainan bola voli.

C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, akseptor didik dibutuhkan dapat:
• Mengidentifikasikan banyak sekali variasi gerak spesifik permainan bola voli.
• Menjelaskan variasi gerak spesifik dalam permainan bola voli.
• Menjelaskan cara melaksanakan gerakan passing dan servis, smes dan block.
• Melakukan variasi gerak spesifik passing dan servis, smes dan block dalam permainan bola voli.

D. Materi Pembelajaran
Bolavoli:
• Variasi passing bawah
• Variasi passing atas
• Variasi servis bawah
• Variasi servis atas
• Variasi smes/spike
• Variasi block/ bendungan

E. Metode Pembelajaran
Metode yang dipakai dalam pembelajaran pemainan bola voli antara lain.
• Cakupan (Inclusive).
• Demonstrasi.
• Bagian dan keseluruhan (Part and Whole).
• Timbal-balik (Resiprokal).
• Jigshaw.
• Periksa sendiri (selfcheck).
• Penugasan.
• Project Based Learning.
• Problem-Based Learning.
• Pendekatan Scientific.

Baca Juga:

RPP PJOK Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP PJOK Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP PJOK Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP PJOK Kelas VII SMP/MTs Revisi 2017


F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media:
a. Gambar gerak spesifik passing bawah dan servis bawah bola permainan bola voli.
b. Video pembelajaran gerak spesifik passing bawah dan servis bawah bola permainan bola voli.
c. Model akseptor didik atau guru yang memperagakan gerak spesifik passing bawah dan servis bawah bola permainan bola voli.
2. Alat dan Bahan:
a. Lapangan permainan bola voli atau lapangan sejenisnya (lapangan bola basket, halaman sekolah, atau lapangan terbuka).
b. Bola voli atau bola sejenisnya (bola terbuat dari plastik, karet, dll).
c. Jaring /net bola voli atau sejenisnya (tali plastik).
d. Peluit dan Stopwatch.
e. Panduan Pembelajaran Siswa (Judul: Panduan Pembelajaran Siswa oleh MGMP PJOK SMP/M.Ts).

G. Sumber Belajar
Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan kelas VIII, Buku PJOK lain yang relevan, internet, narasumber, lingkungan sekitar, dan sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Mempelajari buku teks dan sumber lain perihal bahan pokok
Menyimak tayangan/demo perihal bahan pokok
Menyelesaikan kiprah yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
Terlampir


3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remedial sanggup diberikan kepada akseptor didik yang belum mencapai KKM maupun kepada akseptor didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bab : remedial alasannya yakni belum mencapai KKM dan remedial alasannya yakni belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada akseptor didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan menawarkan kiprah bagi akseptor didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan akseptor didik mengenai bahan pembelajaran yang sanggup diberikan kepada akseptor didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan sanggup ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai janji dengan akseptor didik.
  • Direncanakan menurut IPK atau bahan pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
……………, 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala SMPN/S                                  Guru Mata Pelajaran

……………………………             …………………………….
NIP/NRK.                                        NIP/NRK.

Previous
Next Post »