Rpp Ipa Kelas 7 Smp Revisi 2017 Tahun Pelajaran 2018/2019 Terbaru

 Dalam rangka menyambut tahun pelajaran gres  RPP IPA Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama Revisi 2017 Tahun Pelajaran 2018/2019 Terbaru
RPP IPA kelas 7 Sekolah Menengah Pertama Revisi 2017
Dalam rangka menyambut tahun pelajaran gres 2018/2019 berikut ini saya bagikan Rencana pelaksanaan Pembelajaran mata pelajarn Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas 7 SMP/MTs kurikulum 2013 revisi 2017 untuk tahun pelajaran 2018/2019 terbaru.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : SMPN/S
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VII/Ganjil
Materi Pokok : Objek IPA dan Pengamatannya
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 15 JP (6 Pertemuan)

A. Kompetensi Inti

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang / teori

B.   Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) Pengetahuan
Kompetensi Dasar (KD) Keterampilan
3.1  Menerapkan konsep pengukuran banyak sekali besaran yang ada pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar serta pentingnya penggunaan satuan standar (baku) dalam pengukuran.
4.1  Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan memakai satuan tak baku dan satuan baku
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) Pengetahuan
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Keterampilan
3.1.1     Menjelaskan 3 keterampilan proses penyelidikan IPA
3.1.2     Menjelaskan Kegunaan mempelajari IPA
3.1.3     Meyebutkan objek yang di pelajari IPA
3.1.4     Menjelaskan pengertian pengukuran
3.1.5     Menyebutkan hal yang sanggup di ukur (bukan besaran
3.1.6     Membandingkan satuan baku dan tidak baku
3.1.7     Memahami kegunaan satuan baku dalam pengukuran
3.1.8     Mengkonversi satuan dalam SI (Sistem Internasional)
3.1.9     Menjelaskan pengertian besaran pokok
3.1.10 Menyebutkan macam-macam besaran pokok beserta satuanya
3.1.11 Menjelaskan pengertian besaran turunan
3.1.12 Menyebutkan macam-macam besaran turunan beserta satuanya
4.1.1      Menyajikan hasil pengatamatan, inferensi, dan mengkomunikasikan hasil
4.1.2      Melakukan pengukuran dengan satuan baku
4.1.3      Melakukan pengukuran besaran-besaran panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering di jumpai dalam kehidupan sehari-hari
4.1.4      Melakukan pengukuran besaran-besaran turunan sederhana yang sering di jumpai dalam kehidupan sehari-hari

C.   Tujuan Pembelajaran:
Selama dan sehabis mengikuti proses pembelajaran ini penerima didik diharapkan dapat:
·           Menjelaskan tiga  komponen keterampilan proses/metode ilmiah penyelidikan IPA (pengamatan, inferensi, dan komunikasi) menurut kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan.
·           Menjelaskan kegunaan mempelajari IPA.
·           Menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA.
·           Dapat menjelaskan pengertian pengukuran.
·           Menyebutkan hal yang sanggup diukur (besaran) dan tidak sanggup diukur (bukan besaran).
·           Membandingkan satuan baku dan tidak baku.
·           Memahami kegunaan satuan baku dalam pengukuran.
·           Mengkonversi satuan dalam SI (Sistem Internasional).
·           Menjelaskan  pengertian besaran pokok.
·           Menyebutkan macam-macam besaran pokok beserta satuannya.
·           Menjelaskan pengertian besaran turunan.
·           Menyebutkan macam-macam besaran turunan beserta satuannya.
·           Menyajikan hasil pengamatan, inferensi, dan mengomunikasikan hasil melalui kegiatan “Mengamati Temanmu” dan “Kerja dalam IPA”.
·           Melakukan pengukuran dengan satuan tidak baku.
·           Melakukan pengukuran besaran-besaran panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
·           Melakukan pengukuran besaran-besaran turunan sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
Dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta mempunyai perilaku responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu  berkomukasi dan berhubungan dengan baik

D.   Materi Pembelajaran
1.    Materi pembelajaran regular
Ø Fakta
·       Objek yang dipelajari dalam IPA mencakup seluruh benda di alam dengan segala interaksinya untuk dipelajari pola-pola keteraturannya.
·       Manfaat mempelajari IPA dalam kehidupan
Ø Konsep
·       Pengukuran
·       Besaran dan satuan
·       Besaran pokok
·       Besaran turunan
Ø Prinsip
·       Metode ilmiah
·       Satuan baku
Ø Prosedur
·       Melakukan pengamatan objek IPA dengan memakai metode ilmiah
·       Melakukan konversi dalam satuan SI

2.    Materi pembelajaran remedial
·   Besaran pokok dan turunan

3.    Materi pembelajaran pengayaan
·   Satuan baku dan tidak baku

E.    Metode Pembelajaran:
1.    Pendekatan                 :  Scientific Learning
2.    Model Pembelajaran   :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3.    Metode Pembelajaran            : Ceramah, Diskusi dan Penugasan

F.    Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.    Media/alat:
a.   Media LCD projector,
b.   Laptop,
c.   Speaker aktif
d.   Bahan Tayang
2.    Bahan:
a.   Kertas Saring
b.   Gelas Beaker
c.   Spidol Hitam
d.   Air Mineral
e.   Kertas milimeter block
f.    Penjepit
g.   Pensil
3.    SumberBelajar:
1.    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3.    Sumber lain yang relevan

G.   Langkah-langkahPembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 3 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi (Menunjukkan perilaku disiplin sebelum memulai proses pembelajaran, menghayati dan mengamalkan aliran agama yang dianut (Karakter) serta membiasakan membaca dan memaknai (Literasi).
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran (PPK:Religius)
v  Memeriksa kehadiran penerima didik sebagai perilaku disiplin (PPK: Disiplin)
v  Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya.
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh, maka penerima didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang:
§  Penyelidikan IPA
-          Metode Ilmiah dalam Penyelidikan IPA
-          Kegunaan Mempelajari IPA
-          Objek yang Di pelajari dalam IPA
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu.
v  Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung (Literasi dan Komunikatif)
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian (Berpikir kritis dan berhubungan (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang mengalah (Karakter)
 pada topic
§  Penyelidikan IPA
-          Metode Ilmiah dalam Penyelidikan IPA
-          Kegunaan Mempelajari IPA
-          Objek yang Di pelajari dalam IPA
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)/Menayangkan gambar/foto tentang 
§  Peserta didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa ibarat gambar di bawah ini :
v  Mengamati
§  Peserta didik diminta mengamati  gambar /foto yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan oleh guru ibarat gambar di bawah ini :
§  Berdasarkan hasil pengamatan terhadap gambar, penerima didik diminta untuk mendiskusikan perihal hal-hal yangingin diketahui.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memperlihatkan kesempatan pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar  Berpikir kritis dan kreatif (4C) dengan perilaku jujur , disiplin, serta tanggung jawab dan kolaborasi yang tingi (Karakter)
v  Peserta didik diminta mendiskusikan hasil pengamatannya dan mencatat fakta-fakta yang ditemukan, serta menjawab pertanyaanberdasarkan hasil pengamatan yang ada pada buku paket;
v  Pendidik memfasilitasi penerima didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami menurut hasil pengamatan dari buku paket yang didiskusikan bersama kelompoknya;
v  Mengajukan pertanyaan perihal :
§   Penyelidikan IPA
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi pemanis perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk berbagi kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. Misalnya  :
§  Apa yang dimaksud penyelidikan IPA?
§  Seperti apa objek yang di pelajari dalam IPA ?
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI

Peserta didik mengumpulkan banyak sekali informasi (Berpikir kritis, kreatif, berhubungan dan saling berkomunikasi dalam kelompok (4C), dengan  rasa ingin tahu, tanggung jawab  dan pantang mengalah (Karakter),literasi (membaca) yang sanggup mendukung balasan dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, baik dari buku paket maupun sumber lain ibarat internet; melalui kegiatan:
v  Mengumpulkan informasi
§  Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari banyak sekali sumber perihal
§  Penyelidikan IPA
-          Metode Ilmiah dalam Penyelidakan IPA
-          Kegunaan Mempelajari IPA
-          Objek yang Di pelajari dalam IPA
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
§  Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku rujukan tentang
§  Penyelidikan IPA
-          Metode Ilmiah dalam Penyelidakan IPA
-          Kegunaan Mempelajari IPA
-          Objek yang Di pelajari dalam IPA
v  Aktivitas :
§  Peserta didik melaksanakan kegiatan sesuai sesuai buku siswa
v  Saling tukar informasi tentang  :
§  Penyelidikan IPA
-          Metode Ilmiah dalam Penyelidakan IPA
-          Kegunaan Mempelajari IPA
-          Objek yang Di pelajari dalam IPA
dengan ditanggapi aktif oleh penerima didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk berbagi perilaku teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, berbagi kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA)

Pendidik mendorong biar penerima didik secara aktif terlibat dalam diskusi kelompok serta saling bantu untuk menuntaskan masalah (Mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, berkomunikasi dan berhubungan (4C),)
Selama penerima didik bekerja di dalam kelompok, pendidik memperhatikan dan mendorong semua penerima didik untuk terlibat diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh pekerjaannya dan bertanya (Nilai Karakter: rasa ingin tahu, jujur, tanggung jawab, percaya diri dan pantang menyerah) apabila ada yang belum dipahami, bila diharapkan pendidik memperlihatkan dukungan secara klasikal.
v  Berdiskusi perihal data :
§  Penyelidikan IPA
-          Metode Ilmiah dalam Penyelidakan IPA
-          Kegunaan Mempelajari IPA
-          Objek yang Di pelajari dalam IPA
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan dukungan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai
§  Penyelidikan IPA
-          Metode Ilmiah dalam Penyelidakan IPA
-          Kegunaan Mempelajari IPA
-          Objek yang Di pelajari dalam IPA
Verification
(pembuktian)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v  Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk berbagi perilaku jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam pertanda :
§  Penyelidikan IPA
-          Metode Ilmiah dalam Penyelidakan IPA
-          Kegunaan Mempelajari IPA
-          Objek yang Di pelajari dalam IPA
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bahu-membahu membahas balasan soal-soal yang telah dikerjakan oleh penerima didik.
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk berbagi perilaku jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal :
§  Penyelidikan IPA
-          Metode Ilmiah dalam Penyelidakan IPA
-          Kegunaan Mempelajari IPA
-          Objek yang Di pelajari dalam IPA
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan penerima didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal :
§  Penyelidikan IPA
-          Metode Ilmiah dalam Penyelidakan IPA
-          Kegunaan Mempelajari IPA
-          Objek yang Di pelajari dalam IPA
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
90
menit
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru perihal point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang gres dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk evaluasi projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik

15
menit
Pertemuan ke dua hingga ke enam silahkan klik disini

H.   Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
1.    Teknik Penilaian
a.    Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1)    Tes Tertulis
a)    Pilihan ganda
b)    Uraian/esai
2)    Tes Lisan
©  Tes mulut pemaparan materi dari pemahaman siswa.
b.    Penilaian Kompetensi Keterampilan
1)    Proyek, pengamatan, wawancara
©  Mempelajari buku teks dan sumber lain perihal materi pokok
©  Menyimak tayangan/demo perihal materi pokok
2)    Portofolio / unjuk kerja
3)    Produk,
2.    Instrumen Penilaian
a.    Pertemuan Pertama (Terlampir)
b.    Pertemuan Kedua (Terlampir)
c.    Pertemuan Ketiga (Terlampir)
d.    Pertemuan Keempat (Terlampir)
e.    Pertemuan Kelima (Terlampir)
f.      Pertemuan Keenam (Terlampir)

3.    Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.    Remedial
v  Remidial sanggup diberikan kepada penerima didik yang belum mencapai KKM maupun kepada penerima didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bab : remedial alasannya ialah belum mencapai KKM dan remedial alasannya ialah belum mencapai Kompetensi Dasar
v  Guru memberi semangat kepada penerima didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memperlihatkan kiprah bagi penerima didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), contohnya sebagai berikut.
©  Besaran pokok dan turunan

b.    Pengayaan
v  Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan penerima didik mengenai materi pembelajaran yang sanggup diberikan kepada penerima didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
v  Pengayaan sanggup ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai akad dengan penerima didik.
v  Direncanakan menurut IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas contohnya
©  Satuan baku dan tidak baku


                                                                                                   ……………, 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala SMPN/S                                                 Guru Mata Pelajaran




……………………………………                       …………………………………….
NIP/NRK.                                                           NIP/NRK.


Previous
Next Post »