Salah satu jasa ekspedisi barang andalan para pengusaha online store di Indonesia yakni TIKI. Sekilas mengenai perusahaan ini, beroperasi pertama kali tahun 1970 dengan pemegang saham hanya 2 orang pendirinya. Area cakupan TIKI awal ini hanya mencakup kota tujuan pengiriman ke kota Pangkal Pinang, Surabaya dan Semarang dengan proteksi personil serta armada yang hanya beberapa saja. gres di tahun 1972 ada penambahan pemegang saham sehingga perusahaan ini memeproleh komplemen dana untuk pengembangan usahanya.
Seiring dengan makin membaiknya ekonomi nasional maka lambat laun TIKI berubah menjadi perusahaan jasa pengiriman barang dan dokumen besar yang melayani untuk tujuan seluruh kota-kota di Indonesia dan bahkan beberapa kota mancanegara. Hingga ketika ini TIKI sudah mempunyai 240 cabang yang bangun si seluruh pelosok wilayah tanah air. Usaha TIKI pun makin meroket sehabis tren pembelian barang via online berkembang pesat di Indonesia beberapa tahun terakhir ini. Masyarakat modern Indonesia sudah makin percaya dengan cara pembelian barang lewat internet. Dan TIKI pun ikut kewalahan melayani pengiriman barang dari para pemilik online store tanah air yang mempercayakan pengiriman barang jualannya kepada mereka.
Anda yang mungkin juga tertarik dengan suatu barang ketika sedang browsing, tak ada salahnya mempercayakan pengiriman barang yang anda beli kepada TIKI. Kebanyakan para pemilik toko online sudah menjalin kerjasama dengan jasa ekspedisi barang yang satu ini. Setiap kali anda membeli barang via online maka akan ada opsi pemilihan jasa ekspedisi yang diingini. Pilih saja TIKI untuk garansi barang yang anda beli akan hingga ke rumah anda sempurna waktu tanpa ada program molor hingga beberapa hari.
Nah sehabis melaksanakan pembayaran biasanya anda akan diberikan nomer connote atau nomer resi TIKI sebagai bukti bahwa barang yang anda beli sudah ditangani pihak ekspedisi. Berbekal nomer connote ini anda dapat melacak perjalanan barang anda sudah hingga di mana atau melaksanakan transit di mana. Cara cek barang di TIKI untuk pembelian anda ini dapat ditempuh dengan 3 cara mudah. Pilih salah satu yang paling memungkinkan yaitu :
1. Datangi cabang TIKI di kota anda
Bila anda memang mempunyai waktu luang, silahkan anda berkunjung ke cabang TIKI di kota anda. Jangan lupa bawa nomer resi TIKI yang diberikan oleh pihak penjual online. Tentu pegawai TIKI akan dengan bahagia hati melayani anda dan memberitahukan sudah hingga di mana barang anda itu.
2. Hubungi customer Service TIKI
Jika memang keluar tak memungkinkan, anda cukup menghubungi customer service TIKI dengan nomer telepon : (62-21) 500 125. Line telepon ini sudah niscaya sangat sibuk, sehingga harap maklum kalau anda tak pribadi tersambung dengan sekali telepon. Sebutkan nomer connote yang anda miliki kepada petugas customer service. Mereka akan segera mengeceknya untuk anda.
3. Lewat layanan situs TIKI
Untuk cara cek barang di TIKI yang ini silahkan susukan alamat http://www.tiki-online.com/?cat=Home. Di halaman utama sebelah kiri ada goresan pena CEK STATUS KIRIMAN Single Tracking dengan kolom nomor connote yang harus diisi. Ketikkan nomer resi yang anda punya dan klik tombol "check". Nah anda akan segera diberikan data lengkap mengenai barang yang anda beli di online store ini.