Perbedaan Biografi Dan Autobiografi

Dua bentuk sastra tradisional yang menggambarkan kisah perjalanan hidup seseorang yaitu biografi dan autobiografi. Secara singkat Biografi yaitu riwayat hidup seorang individu yang ditulis oleh orang lain, sedangkan autobiografi yaitu ekspresi kehidupan seseorang yang ditulis oleh dirinya sendiri. Kedua karya sastra tersebut sama-sama menyajikan pandangan dan apa yang terjadi di masa kemudian di mana penulis tinggal. Baik biografi maupun autobiografi termasuk buku non-fiksi yang ditulis dalam urutan kronologis, menceritakan kisah ihwal orang yang menciptakan bantuan signifikan dalam bidang tertentu.
Banyak yang berpikir bahwa dua bentuk goresan pena tersebut yaitu sama. Namun tidak begitu, tetap ada perbedaan biografi dan autobiografi yang mencolok. Arti Biografi mengacu pada sebuah karya yang menceritakan kisah hidup orang lain. Autobiografi berarti karya yang menceritakan kisah hidup penulisnya sendiri. Dalam biografi kadang juga mencantumkan persetujuan dari tokoh yang ditulis sementara autobiografi tak dibutuhkan. Dalam Biografi subyek ditulis sebagai orang ketiga sedangkan autobiografi subyek yaitu orang pertama. Tujuan biografi biasanya untuk memberitahu pembaca sedangkan autobiografi untuk mengungkapkan dan menginformasikan. Dalam biografi outlook menurut fakta yang dikumpulkan oleh penulis sementara autobiografi penuh dengan ungkapan emosi dan pikiran.

1. Definisi Biografi
Biografi juga disebut ‘bio’ yaitu karya mendetail ihwal kehidupan seseorang yang ditulis atau diproduksi oleh orang lain. Karya ini memperlihatkan informasi yang rumit mengenai daerah kelahiran, latar belakang pendidikan, pekerjaan, hubungan dan janjkematian orang yang bersangkutan. Biografi pun menyajikan detail kehidupan dari sang tokoh, fokus pada hal-hal terpenting maupun sepele dan menganalisis seluruh kepribadian tokoh. Biografi biasanya dalam bentuk tertulis tetapi juga sanggup dibentuk dalam bentuk lain contohnya komposisi musik atau literatur untuk interpretasi film. Penulis mengumpulkan setiap detail ihwal subjek dan menyajikan fakta-fakta yang relevan dan menarik untuk memikat pembaca.

2. Definisi Autobiografi
Autobiografi yaitu skema kehidupan seseorang yang ditulis oleh orang itu sendiri. Kata auto berarti ‘self.’ Oleh alasannya yaitu itu, autobiografi memuat semua elemen dari suatu biografi tetapi disusun atau dikisahkan oleh penulisnya sendiri. Dia sanggup menulis sendiri atau mungkin menyewa penulis lain untuk menulis untuk mereka. Sebuah autobiografi menyajikan skema abjad narator, daerah di mana ia dilahirkan dan dibesarkan, pendidikannya, pekerjaannya, pengalaman hidup, tantangan, dan pencapaiannya. Itu mungkin juga termasuk kejadian dan kisah masa kecil, remaja, sampai dewasanya.

Perbedaan biografi dan autobiografi sanggup dilihat dari poin-poin berikut:

- Biografi yaitu laporan mendetail ihwal kehidupan seseorang yang ditulis oleh orang lain, sementara autobiografi ditulis oleh subjek itu sendiri.

- Biografi sanggup ditulis dengan (resmi) atau tanpa izin (tidak sah) dari orang / andal waris yang bersangkutan. Oleh alasannya yaitu itu, ada kemungkinan kesalahan faktual dalam informasi. Di sisi lain, autobiografi ditulis sendiri dan jadinya tidak memerlukan otorisasi apa pun.

- Biografi berisi informasi yang dikumpulkan selama periode waktu dari banyak sekali sumber dan dengan demikian memproyeksikan pandangan yang berbeda kepada pembaca. Di sisi lain autobiografi ditulis oleh subjek sendiri, oleh alasannya yaitu itu, penulis menyajikan fakta-fakta dan pemikirannya dengan caranya sendiri, sehingga memperlihatkan perspektif keseluruhan yang sempit dan bias kepada pembaca.

- Dalam autobiografi, penulis memakai narasi pertama ibarat saya, saya, kami, dia, dia, dll. Ini akan menciptakan hubungan intim antara penulis dan pembaca alasannya yaitu pembaca mengalami banyak sekali aspek seakan-akan beliau yaitu tokohnya. Berlawanan dengan biografi yaitu dari pandangan orang ketiga sehingga jauh kurang intim.

- Tujuan penulisan biografi yaitu untuk memperkenalkan dan memberi informasi kepada pembaca ihwal orang tersebut dan kehidupannya, sedangkan autobiografi ditulis untuk mengekspresikan, pengalaman hidup dan pencapaian narator.

Ada beberapa karya autobiografi yang layak disebut ibarat 'The Story of My Life' oleh Helen Keller, 'An Autobiography' oleh Jawaharlal Nehru, 'The Diary of a Young Girl' oleh Anne Frank, 'Memoirs of the Second World War' oleh Winston Churchill, 'Wings of Fire' oleh APJ Abdul Kalam dan banyak lagi. Sementara referensi biografi yang populer antara lain Tolstoy: A Russian Life oleh Ro.

Previous
Next Post »