Sekedar melangkapi isi blog ini guna memudahkan mencari dokumentasi secara online, kali ini saya posting Panduan Penilaian Untuk Sekolah Menengan Atas Edisi Tahun 2016 Sesuai Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016.
Sebagaimana diketahui, pemerintah mengeluarkan kebijakan perihal Kurikulum 2013 yang diimplementasikan secara sedikit demi sedikit mulai tahun pelajaran 2013/2014. Kurikulum 2013 menerapkan pembelajaran berbasis aktivitas, yang dibutuhkan akan menghasilkan manusia Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terintegrasi. Hal ini berimplikasi pada pelaksanaan penilaian yang mencakup penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan, yang dilakukan memakai banyak sekali cara.
Berdasarkan pengamatan dan hasil monitoring dan evaluasi yang dilakukan di SMA pelaksana Kurikulum 2013 , teridentifikasi bahwa permasalahan utama dalam implementasi Kurikulum 2013 adalah pada penilaian hasil belajar peserta didik. Berikut beberapa pendapat yang disampaikan sebagian besar guru terkait dengan penilaian :
1. Masih banyak guru yang mengalami kesulitan dalam penilaian sikap spiritual (KI -1) dan sikap sosial (KI -2) .
2. Masih banyak guru yang belum terbiasa memakai beberapa teknik penilaian , menyerupai portofolio dan proyek dalam melaksanakan penilaian keterampilan.
3. Sekolah mengalami kesulitan dalam memilih interval nilai untuk predikat pengetahuan dan keterampilan yang merujuk bahwa KKM yaitu batas minimal predikat C.
4. Pemahaman dan implementasi remedial di sekolah masih banyak persepsi yang berbeda-beda.
Memperhatikan kondisi tersebut di atas dan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan mutu implementasi Kurikulum 2013 secara berkelanjutan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah melalui direktorat teknis terkait menyusun Panduan Penilaian . Salah satu panduan tersebut yaitu Panduan Penilaian untuk Sekolah Menengah Atas (SMA). Panduan dimaksud disusun oleh Direktorat Pembinaan SMA, bersama Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) dan Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk). Panduan Penilaian untuk Sekolah Menengan Atas edisi tahun 2015 mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan serta peraturan penilaian yang terkait .
Seiring dengan dengan terbitnya Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 perihal Standar Penilaian Pendidikan, maka Panduan Penilaian untuk Sekolah Menengan Atas edisi tahun 2015 perlu diubahsuaikan dan disempurnakan. Oleh sebab itu Direktorat Pembinaan Sekolah Menengan Atas telah menerbitkan Panduan Penilaian untuk SMA edisi tahun 2016. Berikut ini link Download Panduan Penilaian Untuk Sekolah Menengan Atas Edisi Tahun 2016 Sesuai Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016
Download Panduan Penilaian Sekolah Menengan Atas Edisi 2016 (DISINI)
PANDUAN PENILAIAN UNTUK Sekolah Menengah Pertama EDISI TAHUN 2016 SESUAI PERMENDIKBUD NOMOR 23 TAHUN 2016 (DISINI)
Demkian info tentang Panduan Penilaian Sekolah Menengan Atas Edisi 2016. Terima kasih, mudah-mudah bermanfaat.
===========================================