Tema enam Subtema dua Masyarakat Sehat, Negara Kuat kelas vi sekolah dasar kurikulum 2013 terdiri dari beberapa mata pelajaran. IPA membahasa tentang membedakan campuran dan larutan berdasarkan pengamatan dan elaporkan secara tertulis hasil percobaan tentang campuran dan larutan. Matematika membahas tentang menjelaskan kuesioner/ lembar isian sederhana sebagai sarana yang akurat untuk mendapatkan informasi tertentu Menyajikan data dalam bentuk tabel/tally berdasarkan kuesioner, dan menulis kesimpulan berdasarkan tabel/tally.
PPKn membahas tentang menjelaskan berbagai kegiatan masyarakat dalam rangka menciptakan lingkungan sehat. Melaporkan secara lisan dan tulisan kerja sama dalam masyarakat dalam menciptkan lingkungan sehat. SBdP membahas tentang menjelaskan nilai-nilai terkait dengan kebiasaan masyarakat mengolah sampah organik atau sampah anorganik di lingkungan sekitar. Membuat produk olahan sampah organik dan anorganik di lingkungan sekitar. Berikut ini soal evaluasi tema enam subtema dua Masyarakat Sehat Negara Kuat.
1. Bayu melakukan survei kepada teman satu kelasnya mengenai buah yang paling disukai. Berikut adalah hasil survei Bayu.
Perempuan | Laki-laki | ||
---|---|---|---|
Jenis buah | Jumlah | Jenis buah | Jumlah |
Apel | 5 | Apel | 6 |
Jeruk | 4 | Jeruk | 3 |
Sawo | 7 | Sawo | 2 |
Pepaya | 1 | Pepaya | 3 |
Lainnya | 0 | Lainnya | 2 |
a. Sajikan data tersebut ke dalam bentuk grafik yang sesuai! Jelaskan alasan mengapa kamu memilih jenis grafik tersebut! Diagram batang dapat digunakan untuk membedakan dua kategori data pada grafik membandingkan kategori siswa laki-laki dan perempuan.
b. Buah apa yang paling disukai oleh teman-teman Bayu? Jelaskan! Buah yang paling disukai teman Edo adalah buah apel sebanyak 5 teman laki-laki dan 6 teman perempuan Edo menyukai buah apel.
2. Edo dan keluarganya mengumpulkan sampah bekas untuk didaur ulang selama 2 minggu. Edo mendata sampah yang telah ia kumpulkan selama 2 minggu.
Sampah daur ulang | Minggu 1 | Minggu 2 |
---|---|---|
Botol kaca | 12 | 12 |
Botol plastik | 13 | 15 |
Botol kaleng | 10 | 14 |
Wadah bekas kemasan | 12 | 8 |
a. Sajikan data tersebut dalam bentuk grafik yang sesuai! Dari data tersebut, apa yang bisa kamu simpulkan?
b. Jika Edo ingin menggabungkan data sampah pada minggu pertama dan kedua, bagaimanakah tabel data gabungannya? Sajikan data tersebut dalam bentuk grafik yang sesuai! Sajikan data tersebut dalam bentuk piktogram!
3. Tulislah perbedaan antara campuran dan larutan dengan melengkapi bagan berikut!Sampah daur ulang | Jumlah |
---|---|
Botol kaca | 24 |
Botol plastik | 28 |
Botol kaleng | 24 |
Wadah bekas kemasan | 20 |
Contoh Campuran Air sungai yang keruh, campuran air dan pasir, campuran kopi dengan air, campuran minyak dan air | Contoh Larutan: Larutan Gula garam, udara yang bersih, larutan garam, larutan cuka, larutan gula, spirtus, air laut, dan bensin. | ||||||||||||||||||
Campuran dan larutan | |||||||||||||||||||
Ciri-ciri Campuran: Komponen campuran mempertahankan sifat masing-masing. Dapat dibedakan antara zat pelarut dan zat terlarut. | Ciri-Ciri Larutan : Komponen larutan tidak mempertahankan sifat masing-masing, Sulit dibedakan antara zat pelarut dan zat terlarut. |
4. Sebutkan 5 dari 8 Pola Hidup Bersih dan Sehat yang perlu diterapkan di sekolah!
Ada 8 PHBS di sekolah antara lain adalah :
- Mencuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan memakai sabun
- Jajan di kantin sekolah yang sehat
- Membuang sampah pada tempatnya
- Mengikuti kegiatan olah raga di sekolah dengan terukur dan teratur
- Mengukur berat badan dan tinggi badan secara teratur setiap 6 bulan
- Bebaskan diri dari asap rokok
- Memberantas jentik nyamuk
- Buang air kecil (BAK) dan buang air besar (BAB) di jamban sekolah
5. Apa saja bentuk kerja sama yang dapat dilakukan untuk menciptakan masyarakat sehat di lingkungan sekolah? Jelaskan!
Lakukan hal yang dianggap ringan dan kecil, namun sulit dilakukan seperti : membuang sampah pada tempatnya, menyiram kloset setelah menggunakan kamar mandi, jadikan sekolah sehat dengan menggalakan go green, menanam pohon dan bunga bersama-sama, menanam apotek hidup, dan kerja bakti atau lakukan jubes (jumat bersih)
Lakukan hal yang dianggap ringan dan kecil, namun sulit dilakukan seperti : membuang sampah pada tempatnya, menyiram kloset setelah menggunakan kamar mandi, jadikan sekolah sehat dengan menggalakan go green, menanam pohon dan bunga bersama-sama, menanam apotek hidup, dan kerja bakti atau lakukan jubes (jumat bersih)