Soal Evaluasi Tema 6 Subtema 2:Masyarakat Sehat, Negara Kuat

Tema enam Subtema dua Masyarakat Sehat, Negara Kuat kelas vi sekolah dasar kurikulum 2013 terdiri dari beberapa mata pelajaran. IPA membahasa tentang membedakan campuran dan larutan berdasarkan pengamatan dan elaporkan secara tertulis hasil percobaan tentang campuran dan larutan. Matematika membahas tentang menjelaskan kuesioner/ lembar isian sederhana sebagai sarana yang akurat untuk mendapatkan informasi tertentu Menyajikan data dalam bentuk tabel/tally berdasarkan kuesioner, dan menulis kesimpulan berdasarkan tabel/tally.

PPKn membahas tentang menjelaskan berbagai kegiatan masyarakat dalam rangka menciptakan lingkungan sehat. Melaporkan secara lisan dan tulisan kerja sama dalam masyarakat dalam menciptkan lingkungan sehat. SBdP membahas tentang menjelaskan nilai-nilai terkait dengan kebiasaan masyarakat mengolah sampah organik atau sampah anorganik di lingkungan sekitar. Membuat produk olahan sampah organik dan anorganik di lingkungan sekitar. Berikut ini soal evaluasi tema enam subtema dua Masyarakat Sehat Negara Kuat.

1. Bayu melakukan survei kepada teman satu kelasnya mengenai buah yang paling disukai. Berikut adalah hasil survei Bayu.
PerempuanLaki-laki
Jenis buahJumlahJenis buahJumlah
Apel5Apel6
Jeruk4Jeruk3
Sawo7Sawo2
Pepaya1Pepaya3
Lainnya0Lainnya2

a. Sajikan data tersebut ke dalam bentuk grafik yang sesuai! Jelaskan alasan mengapa kamu memilih jenis grafik tersebut! Diagram batang dapat digunakan untuk membedakan dua kategori data pada grafik membandingkan kategori siswa laki-laki dan perempuan.
 Negara Kuat kelas vi sekolah dasar kurikulum  Soal Evaluasi Tema 6 Subtema 2:Masyarakat Sehat, Negara Kuat
b. Buah apa yang paling disukai oleh teman-teman Bayu? Jelaskan! Buah yang paling disukai teman Edo adalah buah apel sebanyak 5 teman laki-laki dan 6 teman perempuan Edo menyukai buah apel.

2. Edo dan keluarganya mengumpulkan sampah bekas untuk didaur ulang selama 2 minggu. Edo mendata sampah yang telah ia kumpulkan selama 2 minggu.
Sampah daur ulangMinggu 1Minggu 2
Botol kaca1212
Botol plastik1315
Botol kaleng1014
Wadah bekas kemasan128
a. Sajikan data tersebut dalam bentuk grafik yang sesuai! Dari data tersebut, apa yang bisa kamu simpulkan?
 Negara Kuat kelas vi sekolah dasar kurikulum  Soal Evaluasi Tema 6 Subtema 2:Masyarakat Sehat, Negara Kuat
b. Jika Edo ingin menggabungkan data sampah pada minggu pertama dan kedua, bagaimanakah tabel data gabungannya? Sajikan data tersebut dalam bentuk grafik yang sesuai! Sajikan data tersebut dalam bentuk piktogram!
Sampah daur ulangJumlah
Botol kaca24
Botol plastik28
Botol kaleng24
Wadah bekas kemasan20
 Negara Kuat kelas vi sekolah dasar kurikulum  Soal Evaluasi Tema 6 Subtema 2:Masyarakat Sehat, Negara Kuat
3. Tulislah perbedaan antara campuran dan larutan dengan melengkapi bagan berikut!
Contoh Campuran
Air sungai yang keruh, campuran air dan pasir, campuran kopi dengan air, campuran minyak dan air
Contoh Larutan:
Larutan Gula garam, udara yang bersih, larutan garam, larutan cuka, larutan gula, spirtus, air laut, dan bensin.
Campuran
dan larutan
Ciri-ciri Campuran:
Komponen campuran mempertahankan sifat masing-masing.
Dapat dibedakan antara zat pelarut dan zat terlarut.
Ciri-Ciri Larutan :
Komponen larutan tidak mempertahankan sifat masing-masing,
Sulit dibedakan antara zat pelarut dan zat terlarut.

4. Sebutkan 5 dari 8 Pola Hidup Bersih dan Sehat yang perlu diterapkan di sekolah!
Ada 8 PHBS di sekolah antara lain adalah :
  1. Mencuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan memakai sabun 
  2. Jajan di kantin sekolah yang sehat 
  3. Membuang sampah pada tempatnya 
  4. Mengikuti kegiatan olah raga di sekolah dengan terukur dan teratur 
  5. Mengukur berat badan dan tinggi badan secara teratur setiap 6 bulan 
  6. Bebaskan diri dari asap rokok 
  7. Memberantas jentik nyamuk 
  8. Buang air kecil (BAK) dan buang air besar (BAB) di jamban sekolah 

5. Apa saja bentuk kerja sama yang dapat dilakukan untuk menciptakan masyarakat sehat di lingkungan sekolah? Jelaskan!
Lakukan hal yang dianggap ringan dan kecil, namun sulit dilakukan seperti : membuang sampah pada tempatnya, menyiram kloset setelah menggunakan kamar mandi, jadikan sekolah sehat dengan menggalakan go green, menanam pohon dan bunga bersama-sama, menanam apotek hidup, dan kerja bakti atau lakukan jubes (jumat bersih) 

Previous
Next Post »