Manfaat Hubungan Internasional Indonesia Dengan Arab Saudi

Hubungan internasional yaitu korelasi antarnegara atau antarindividu dari negara yang berbeda dalam bidang tertentu untuk kepentingan kedua belah pihak. Mengapa semua negara harus melaksanakan korelasi internasional dan apa manfaat korelasi internasional itu ?. Setiap negara memang tidak sanggup terlepas dari yang namanya korelasi internasional. Hal ini alasannya yaitu setiap negara mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga korelasi internasional melengkapi itu. Hubungan internasional tidak hanya terjadi alasannya yaitu ingin bekerjasama. Persahabatan, persengketaan, permusuhan, ataupun peperangan juga termasuk korelasi internasional.

Salah satu bentuk korelasi internasional yang dilakukan indonesia yaitu dengan arab saudi. Bahkan pada tanggal 1s/d 9 Maret 2019 raja salman bin abdulaziz al saud yang merupakan orang nomer 1 di arab saudi berkunjung ke Indonesia. Kedatangannya ke Indonesia merupakan sebagai upaya mempererat korelasi dagang dengan negara pengimpor minyak Arab Saudi di Asia, selain itu sebagai bentuk akhir atas kunjungan pak Jokowi ke arab saudi pada 11 September 2019. Dibalik adanya saling kunjung-mengunjungi ini pastinya adanya manfaat korelasi internasional yang sanggup diperoleh ke-dua negara.

Manfaat korelasi internasional indonesia dengan arab saudi Bagi negara Indonesia dari seluruh akad beberapa waktu lalu, Salah satunya manfaat mengenai komitmen bantuan pendanaan Arab Saudi terhadap pembiayaan proyek pembangunan mencapai 1 miliar dolar AS atau Rp 13,3 triliun (kurs Rp 13.300). selain itu juga ada beberapa manfaat kerjasama ini yang mengena pribadi pada bidang ekonomi, (1) Program kolaborasi antara Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia dan Otoritas Usaha Kecil dan Menengah Kerajaan Arab Saudi mengenai pengembangan perjuangan kecil dan menengah, (2) Nota kesepahaman antara pemerintah Republik Indonesia dan pemerintah Kerajaan Arab Saudi di bidang kolaborasi kelautan dan perikanan, (3) Program kolaborasi di bidang perdagangan antara Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dan Kementerian Perdagangan dan Investasi Kerajaan Arab Saudi, (4) Nota kesepahaman mengenai bantuan pendanaan Saudi terhadap pembiayaan proyek pembangunan antara Saudi Fund for Development dengan Pemerintah Republik Indonesia.

Selain dalam bidang ekonomi ternyata manfaat korelasi internasional ini juga ada pada bidang pendidikan maupun kebudayaan. Dalam bidang kebudayaan, kolaborasi diimplementasikan melalui pertukaran band dan musik kawasan dan kelompok-kelompok teater. Peningkatan partisipasi seniman dari kedua negara dalam seluruh kegiatan kesenian tingkat internasional atau regional juga akan diselenggarakan oleh pihak otoritas di kedua negara. Pada bidang sejarah dan warisan budaya, kolaborasi mencakup pertukaran gosip mengenai sejarah, ilmu purbakala, antropologi, museologi, dan warisan budaya. Sedangkan dalam bidang pendidikan tinggi, akad yang terjalin di antaranya kolaborasi pengembangan riset di bidang material energi terbarukan, beasiswa bidang sains dan mesin serta beberapa akad lainnya. Menristekdikti mengatakan, beasiswa yang disediakan Arab Saudi mencapai 250 pelajar setiap tahun. Selain itu juga perlunya peningkatan promosi pendidikan dan kebudayaan Indonesia di negara Arab Saudi. Promosi ini ditujukan untuk memperlihatkan gosip yang positif perihal Indonesia dan kebudayaannya. Selama ini, masyarakat Arab Saudi yang mengenal Indonesia secara baik masih sangat terbatas dan masih banyak dari mereka bahkan tidak mengenal Indonesia.
Setiap korelasi itu saling melengkapi, begitu juga dengan korelasi antar negara. Seperti hal-nya korelasi internasional anatar Indonesia dengan Arab saudi, yang saling melengkapi kekurangan dari masing-masing. Karena itulah adanya manfaat korelasi internasional dari kedua negara.

Previous
Next Post »