Apa Itu Repost Dan Budbahasa Yang Baik?

Pasti ada diantara kau yang pernah melihat suatu postingan yang dari orang lain, tapi lalu diposting lagi oleh orang lain. Nah, postingan kedua inilah yang disebut dengan repost. Apa itu repost secara bahasa? Ya, repost bukanlah orisinil bahasa Indonesia, namun berasal dari bahasa Inggris. Pernahkah kau berpikir mengapa banyak sekali arti kata bahasa Inggris yang dijadikan istilah baru, bukannya bahasa Indonesia? Hal ini alasannya ialah kita memakai aplikasi berupa sosial media yang berasal dari negara luar dan menerapkan bahasa Inggris sebagai bahasa jadwal alasannya ialah bersifat internasional. Kembali ke makna repost ini yang berasal dari kata re yang artinya kembali dan post yang artinya postingan. Repost dalam arti bahasa Inggris yaitu mengulang kembali postingan yang telah dibentuk sebelumnya.
Dimana penerapan dari apa itu repost? Banyak sekali sosial media yang dipakai dan tentunya tak hanya satu postingan yang ada. Kadang kita melihat postingan orang lain dan tak sengaja membuatnya menjadi postingan. Hal inilah yang secara tidak pribadi kau telah menciptakan repost. Untung didunia sosial media tidak ada yang namanya postingan ber-hak cipta. Jika ada, banyak sekali akun pe-repost yang harus bayar royalti. Iya bukan? Kali ini kita akan membahas repost dalam sosial media instagram dan kaskus guys. 

Dalam dunia kaskus ada yang namanya thread. Jadi, thread merupakan tema dari pembicaraan yang akan dibahas dalam thread tersebut. Maka, banyak akun kaskus yang ingin tahu lebih detail mengenai suatu topik akan search dan bergabung ke thread tersebut. Jika kebetulan kau ingin menciptakan thread namun ternyata sudah ada akun yang menciptakan thread tersebut lebih dulu, dan kau masih ingin menciptakan thread itu lagi, kau harus mencantumkan kata repost thread diawalnya. Jika tidak, orang akan mengira kau plagiat thread. Dengan repost thread bila kau berniat menciptakan hot thread lebih baik kau pikirkan lagi dan buat thread yang lebih hot dan unik.

Setelah tahu apa itu repost, ada satu lagi penerapannya dalam sosial media yang akan kita bahas yaitu dalam instagram. Jadi, di instagram ini tidak sembarang dapat repost lho. Bahkan untuk copy gambar pun tidak dapat bila via hp. Ada aplikasi tersendiri yang harus kau instal di ponselmu untuk dapat repost suatu gambar bahkan video. Dengan teknik tersebut, orang akan tahu sumber repost tersebut tanpa kau harus mencantumkannya. Sebenarny teknik ini cantik untuk menghindari akun dengan plagiat post yang semakin banyak.

Selain harus tahu apa itu repost, kau juga wajib tahu bagaimana repost yang baik dan benar. Pertama, jangan lupa untuk mencamtukan sumber. Hal ini penting untuk menghargai pembuat konten tersebut dan menghindari akunmu disebut pencuri konten. Hati-hati dengan hak cipta konten ya guys. Selain meminta ijin dan mencamtukan sumber, ucapkan pula rasa terimakasih pada sumber konten semoga tidak menimbulkan korelasi tidak baik guys. Terakhir, berikan juga credit pada pemilik konten ibarat promote gratis dalam jangka sebulan sekali.

Nah, itu ia pengertian apa itu repost dan penerapannya di banyak sekali sosial media. Apakah kau merupakan salah satu pengguna sosial media dan pernah melaksanakan repost? Sudahkah kau melaksanakan teknik repost yang baik dan benar? Jika belum, mulailah melakukannya dengan baik dan benar semoga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Previous
Next Post »